KAWAH KAMOJANG

KAWAH KAMOJANG MERUPAKAN

TEMPAT WISATA ORANG BANDUNG EUY…….

Kawasan taman wisata alam kawah kamojang yang terletak di kampung kamojang desa laksana kecamatan ibun kabupaten bandung, kini menjadi tempat yang banyak dikunjungi warga. Baik dari kalangan bawah, menengah hingga keatas. Bahkan tidak sedikit pula warga asing yang berkunjung kelokasi tersebut.

Kawah kamojang pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang menetap di kampung kamojang namanya Masjiam (Alm).

Masjiam menemukan kawah kamojang itu pada tahun 1918, namun tanggal dan bulannya belum diketahui, saat pertama kali diketemukan kawah kamojang itu dalam kondisi hutan yang masih angker dan belum sempat terjamah oleh kehidupan manusia. Begitu juga belum kelihatan ada tanda-tanda kehidupan manusia, selain burung dan hewan buas yang ada disekitar kawah tersebut.

Menurut salah seorang kuncen kawah kamojang ketika pertama kali ditemukan, Masjiam sedang berburu burung gonggong dan puyuh.

Dilokasi itu selain banyak burung juga masih banyak ular, harimau, macan tutul, babi hutan, dan hewan lainnya. Namun saat ini hewan yang terdapat di hutan itu sudah mulai berkurang.

Selain punya kebiasaan turun dan naik gunung hanya untuk berburu burung Masjiam juga memiliki kebiasaan mencari kayu bakar di sekitar kawah kamojang tersebut saat turun dari sebuah gunung Masjiam tiba-tiba menemukan sumber air panas.

Penemuan air panas itu, oleh Masjiam langsung diinformasikan kepada sejumlah kerabat dan warga lainnya. Hingga artinya informasi itu menyebar ke warga lainnya, termasuk diantaranya warga Belanda yang bermukim di sebuah hotel di kampung Legok Pulus, Kamojang yang jaraknya sekitar beberapa kilometer dari lokasi sekitar ditemukannya sumber air panas tersebut.

Warga Belanda tersebut sambil menunggang kuda lalu menelusuri lokasi temuan Masjiam itu, setelah diketahui oleh warga belanda dan warga masyarakat lainnya, mereka langsung membuat sebuah akses jalan ke lokasi sumber penemuan air panas tersebut.

Setelah selesai membuat jalan, mereika pun ramai-ramai membuat sebuah lapangan yang berdekatan dengan lokasi ditemukannya sumber air panas tersebut.

Setelah itu ada salah seorang warga belanda yang menjelaskan kepada warga setempat bahwa dilokasi ditemukannya lokasi sumber air panas yang saat ini disebut kawah kamojang itu ada sebuah gas yang berada di dalam tanah dan perlu di bor.

Orang Belanda itu langsung mengumumkan kepada masyarakat yang ada di sekitar kawah kamojang, dia (orang Belanda) menjelaskan ada gas di dalam tanah yang perlu di bor. Jika tidak segera di bor, gas yang berada di dalam perut bumi itu sangat membahayakan bagi keselamatan jiwa manusia.

Warga belanda ini dibantu warga setempat melakukan pengeboran pada tahun 1928 “yang pertama di bor adalah Kawah kereta api yang saat ini terus menerus mengeluarkan gas dan bersuara cukup keras.namun upaya pengeborannya tersebut tidak dijelaskan secara rinci tapi mungkin pengerjaannya saat itu dilakukan dengan cara kerja paksa dan mungkin saja saat itu ada orang yang menjadi kurban akibat pengeboran tersebut.

Entah berapa lama pengerjaan pengeboran kawah kereta api itu, tetapi yang pasti memerlukan waktu yang cukup lama.

Lokasi objek wisata yang memiliki 23 kawah tersebut merupakan bekas dari permukaan tanah yang amblas, bukan bekas letusan gunung berapi, seperti gunung tangkuban perahu, papandayan, kawah putih, dan kawah lainnya.

Maka bisa dikatakan bekas tanah yang amblas karena tidak ada bekas letusan atau kubah seperti halnya bekas letusan gunung berapi lainnya bahkan belum ada orang yang menyatakan kawah kamojang itu bekas letusan gunung berapi karena itu kami merasa yakin kawah kamojang ini merupakan bekas permukaan tanah yang amblas.

Lokasi tersebut mulai ramai dikunjungi warga dari berbagai kota dan kabupaten, yaitu pasa tahun 1981 hingga sekarang.

Dari 23 jenis kawah yang terdapat di lokasi tersebut, ada beberapa kawah yang memiliki keunikan tersendiri yaitu kawah hujan yang bisa digunakan untuk mandi sauna bahkan dilokasi itu untuk mengeluarkan uap bisa dipancing dengan menggunakan puntung rokok yang masih ada bara api.

Mandi sauna di kawah hujan tersebut dipercaya orang bisa menyembuhkan penyakit flu, asma,rematik, jantung, stroke, eksim, paru-paru, dan jenis lainnya.

Dengan dutemukannya kawah kamojang maka warga sekitar mendapatkan pekerjaan yaitu dengan memadu jalan bagi orang-orang yang berekkreasi ke tempat pemandian kawah kamojang.

Dengan adanya kawah kamojang tersebut maka warga bandung dapat berekkerasi dengan sekedar untuk menghilangkan kejenuhan dan setres akibat dari pekerjaannya.

Kawah kamojang merupakan suatu tempat yang cocok untuk berrekreasi baik untuk keluarga maupun dengan teman-teman sejawat.

Oleh karena itu dengan adanya kawah kamojang maka dapat menguntungkan bagi warga masyarakat sekitar dan selain itu juga warga bandung mempunyai tempat wisata yang menyenangkan baik untuk warga sekitar maupun bagi warga masyarakat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: