Feature

BERZIARAH KE MAKAM SYEKH HAJI ABDUL MUHYI

Bagi para pembaca mungkin sudah banyak yang tak asing lagi mendengar nama pamijahan, namun di samping itu tentunya timbul pertanyaan antara lain: Apa Pamijahan itu?

Pamijahan adalah nama sebuah kampung yang letaknya dipinggir kali sehingga dimana kali itu kadang-kadang bisa membawa bencana seperti yang telah dialami ada beberapa rumahan hanyut di waktu banjir. Maka karena itulah sekarang bangunan-bangunan menjadi permanen terutama yang berada di pinggir kali hal ini dengan secara terpaksa penduduk meninggalkan citra atau salah satu adat kepamijahan.

Pamijahan termasuk ibu kota desa di wilayah kecamatan bantar kalong kabupaten tasikmalaya propinsi Jawa Barat.

Sebelum kanjengan syekh datang kepamijahan sudah ada kampung yaitu Daerah Bojong Wilayah Sukapura terletak di sebelah timur laut dari kampung pamijahan sekarang, yang kini terkenal dengan nama kampung Bengkok. Disana terdapat makam Dalem Sacaparana yaitu; mertuanya kanjeng Syekh Haji Abdul Muhyi.

Adapun kata pemijahan adalah nama baru, dimasa sebelum dan masa hidupnya nama tersebut belum ada dikenal, pada masa kanjeng Syekh Pamijahan itu bernama SAFAR WADI, kata nama Safarwadi ini yang diambil dari bahasa arab Safar artinya Jalan, Wadi artinya Lembah (jurang) jadi Safarwadi adalah jalan yang berada di atas jurang. Hal ini sesuai dengan letaknya ada diantara dua bukit di pinggir kali. Dan mungkin juga Safar Wadi yang diberikan oleh Walliyullah itu sebagai peringatan kepada generasi mendatang supaya hidup dibumi pamijahan dan khususnya di dunia pada umumnya selalu hati-hati laksana berjalan di atas jurang yang senantiasa membawa bahaya atau celaka adapun sekarang nama Safarwadi ini terkenal dengan nama pamijahan antara lain karena setelah Syekh Haji Abdul Muhyi Waliyulloh wafat, banyak orang-orang berdatangan berduyun-duyun dari tiap-tiap pelosok pulau jawa pada khususnya umumnya wilayah kepulauan Indonesia untuk menziarahi makam waliyulloh tersebut, laksana ikan akan bertelur (Mijah dalam bahasa Sunda).

Maka karena itulah nama safarwadi menjadi nama pamijahan sebab mempunyai arti seperti arti titik persamaan dengan tempat ikan akan bertelur (Pamijahan) bukan berarti pemujaan. Karena itu pamijahan bukanlah tempat memuja atau mendewa-dewakan kuburan orang yang telah mati.

Fungsi gua dimasa setelah Syekh Haji Abdul Muhi sampai sekarang .

    • Gua Pamijahan salah satu ciptaan yang betapa hebatnya serta indah dan kokohnya.

    • Gua sebagai tempat mengenang kembali kapada sollihin yang telah mendapatkan karunia Allah berkat perjuangannya yang suci lagi tulus didalam mengembangkan dan menyebarkan agama islam.

    • Gua sebagai salah satu tempat untuk mendekatkan diri satu kepada tuhan.

    • Gua sebagai tempat mencari keberkahan/menambah kebaikan. Dimana terdapat didalamnya :air jam-jam. Air kahuripan, air kejayaan yang sudah biasa dipakai semenjak Syekh Haji Abdul Muhyi bersama para pengikutnya sampai sekarang ini.

    • Gua sebagai sosial ekonomi; dalam arti karena dengan gua itulah penduduk mendapatkan salah satu rejeki dari Allah.

Pada hari senin tangal 8 jumadilawal tahun 1151 H/1730 M ba’da sembahyang subuh Syekh Haji Abdul Muhiyi pergi untuk selamanya setelah berusia 40 Tahun, setelah beliau wafat tersebarlah berita kemana-mana, para pengikutnya baik yang dekat begitu juga yang jauh mendatangi kepamijahan dengan penuh rasa duka nestapa disertai kucuran air mata karena orang yang dicintainya telah meninggalkannya.

Setiap hari orang terus berdatangan menziarahi makam beliau sambil memperlihatkan kecintaannya dengan bermacam-macam peribadatan yang dilakukannya hingga bergemuruhlah diatas kuburan dengan berbagai suara pujian dan bacaan untuk mendoakan beliau agar arwahnya diterima disisi Allah swt.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: